Banyak restoran yang menggunakan nota
pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan
diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk
tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan,
mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis baru. Setiap hari, seluruh
nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan
ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?
Jawab:
Nota yang salah atau tidak terpakai
tidak dibuang dan biasanya dicap "canceled" sebagai kontrol
perusahaan tidak hanya penerimaan kas tetapi juga untuk perhitungan
pendapatannya.
Setiap hari sebaiknya dilakukan
rekonsiliasi penerimaan kas dari kasir dengan nota yang ada. Harusnya memiliki
angka yang sama. Apabila terjadi selisih, bisa ditelusuri dari nota yang
"canceled" tersebut.
Nota yang telah diberi nomoJr
berurutan tersebut disebut prenumbered dan termasuk dalam bagian penting dalam
ilmu auditing.
denaadipta.blogspot.com/.../kebijakan-restoran-untuk-mengendalika..
Dari masalah yang ada dalam restoran
ini maka cara kebijakan yang dapat membantu
restoran untuk menegndalikan
penerimaan kasnya , memang seharusnya restoran pada umumnya harus menggunakan
nota agar setiap pelanggan dapat mempermudah dalam memesan makanan yang
diinginkan dan jumlah makanan yang sudah dipesan oleh pelanggan dapat
diketahui dengan adanya bukti nota
tersebut.
bukuharianyuni.blogspot.com/2012_11_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar